Social Icons

Pages

Jumat, 22 Januari 2010

Tempe Makanan Terlezat Sepanjang Masa


Setiap orang pasti butuh yang namanya makan, karena jika kita tidak makan, kita dapat menjadi lemas atau bahkan sakit. Kita memang makan untuk hidup tapi bukan berarti hidup untuk makan loh. Terlalu banyak makan juga sebenarnya tidak baik untuk kesehatan karena lambung bekerja terus menerus. Padahal lambung kan juga butuh istirahat, ya gak?

Makanan banyak sekali macamnya mulai dari jajanan hingga masakan. Masakan tradisional hingga modern. Berusaha merangkai kalimat dengan beberapa keyword yang telah disediakan. Bukannya ide yang muncul, yang ada malah perut Yuni yang berbicara alias lapar. (hehehehe...)

Hari ini menu makan di keluarga Yuni adalah cah kangkung dan tempe. Setelah makan dan Yuni kenyang. Saat menatap tempe, Yuni mulai terinspirasi untuk menulis. Yuni mendapat ide untuk artikel Yuni. Betul, Yuni akan bercerita tentang tempe.

Masih ingat tidak apa yang namanya tempe? Jangan karena sudah modern jadi lupa makanan asli Indonesia ya... Meskipun kita sudah pernah merasakan yang namanya burger, pizza, sushi, ataupun hot dog ( sekalipun aku cuma pernah makan burger sekali dan yang lainnya belum pernah ngerasain, hehehe). Kita harus tetap merasakan kenikmatan makan makanan asli negara kita.


Saat Yuni mencari sejarah tentang tempe ternyata cukup sulit karena ada beberapa kendala yaitu karena faktor tulisan dan bahasa. Kata tempe berasal dari Tempeh. Sedangkan tulisan Jawa Kuno sudah hampir punah dan bahasa Jawa Kuno sendiri nyaris berubah menjadi bahasa Jawa Baru. Tempe mungkin berasal dari pulau jawa beberapa abad yang lalu. Pada jaman iu, masyarakat Jawa masih banyak belum mendapatkan pendidikan baik dalam bidang mikrobiologi atau kimia. Namun mereka dapat mengembangkan sebuah makanan fermentasi yang luar biasa disebut tempeh. Pada jaman modern sekarang ini, tempeh di kenal sebagai daging analog. Tempeh mempunyai tekstur yang sama, rasa, dan kandungan protein tinggi seperti berbagai makanan daging.

Tempe mempunyai banyak manfaat untuk tubuh yaitu memiliki kandungan protein yangsangat tinggi, mudah dicerna sehingga baik untuk mengatasi diare. Tempe Mengandung zat besi dan flafoid yang bersifat antioksidan sehingga dengan makan tempe dapat menurunkan tekanan darah.Daya hipokolesterol. Kandungan asam lemak jenuh ganda pada tempe dapat menurunkan kadar kolesterol. Sehingga jangan takut gemuk kalau makan ini. Mencegah masalah gizi ganda yakni akibat kekurangan ataupun kelebihan gizi jadi sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Dari semua yang sudah Yuni ceritakan, Yuni harap para pembaca khususnya tidak segan dan bosan atau gengsi untuk menjadikan tempe sebagai salah satu hidangan untuk makan. Tempe itu enak, murah dan halal. Bahkan keluarga Yuni adalah pecinta tempe. Saking cintanya dengan tempe, keluarga Yuni punya motto dalam makan yaitu, " Makan tanpa tempe? Gak rame !" hehehehe..... ya begitulah.

Oia, sehubungan dengan beberapa kritik dan saran yang telah Yuni terima, Yuni minta maaf jika selama ini artikel yang Yuni muat mungkin bersifat monoton. Keywordnya juga itu-itu saja, padahal yang dilombakan ada banyak keywor dan letaknya juga tetap sama yaitu di awal dan di akhir artikel. Hal ini bukan berarti Yuni mengabaikan keyword, tapi itu semua sebenarnya karena Yuni masih bingung dan terbiasa menulis dengan gaya Yuni yang tersendiri sehingga alur dan isi artikel juga sesuka hati Yuni. Namun Yuni sekarang sadar bahwa itu juga membuat orang lain merasa bosan membaca artikel Yuni. Yuni minta maaf ya....

Yuni akan berusaha untuk memperbaiki artikel-artikel yang akan Yuni buat. Yuni akan selalu belajar untuk menjadi seorang yang kreatif. Terima kasih atas saran yang di berikan.Yuni sangat menghargainya.

7 komentar:

  1. artikelnya keren deek, jadi setiap orang gak kan gengsi lagi makan tempe penyet... he3x..

    BalasHapus
  2. pernah mendengar kata "mendoan"?
    itu makanan favourite ku...lol

    BalasHapus
  3. Berkunjung lagi nih.
    Lagi ingin mampir.
    Maaf saya tidak bawa
    Oleh-oleh. cuma ini
    saja komentar
    silaturahmi. mohon di terima dengan lapang dada hehe salam adem ayem deh murah sandang pangan. Selamat dunia akhirat

    BalasHapus
  4. tempe menu wajib setiap saat, apapun menu dan olahannya tempe pasti ada dibalik nasi ...

    BalasHapus
  5. @riza : i love too....
    @jay :makasih kak..... yaia donk ngapain harus gengsi.....
    @kowek :pernah lha.... bangsanya tempe kan.... tapi ga tau kenapa aku ga boleh makan itu kak....
    @udienroy:amiiiin..............
    @hpnugroho : ia betul.....WAJIB....

    BalasHapus