Social Icons

Pages

Sabtu, 11 Agustus 2012

Tips Cermat Belanja Lebaran


Lebaran identik dengan belanja baju baru untuk keluarga. Namun, opini yang berkembang adalah 'mumpung lebaran dan banyak diskon' sehingga belanja pun terkesan berlebihan. Padahal, jika dicermati, harga yang tertera pada pakaian menjelang lebaran tidaklah wajar, diskon pun hanya sekedar tipuan. Anda tentu tak ingin uang THR habis begitu saja hanya karena tipuan diskon, bukan? Nah, agar Anda tidak tertipu dengan beragam penawaran 'menarik' menjelang lebaran, ada baiknya Anda simak tips cermat belanja kebutuhan berikut ini:

1. Jangan ikuti tren
Hindari membeli pakaian yang sedang ngetren. Jika Anda membeli pakaian hanya karena mengikuti tren, maka pakaian hanya akan Anda gunakan sekali waktu saja. Hal ini tentu saja berujung pada pemborosan. Untuk menghemat, sebaiknya pilihlah pakaian yang bisa digunakan di saat lebaran dan saat-saat lainnya.


2. Susun anggaran
Ini penting sekali loh, Ladies. Biasanya, banyak wanita akan 'kalap' jika melihat pakaian dengan tanda 'sale'. Jika sebelumnya Anda telah menyusun anggaran, maka saat berbelanja Anda akan sedikit mengerem keinginan yang berlebihan.

3. Susun daftar belanja
Selain menyusun anggaran, menyusun daftar belanja juga penting. Hal ini mencegah Anda belanja berlebihan dan sesuai kebutuhan.

4. Jangan terpengaruh mood
Jangan pernah berbelanja karena pengaruh suasana hati. Segera hentikan tindakan belanja berlebihan hanya untuk mengusir rasa bosan atau demi meningkatkan kepercayaan diri. Selain boros, perasaan senang saat berbelanja hanyalah bersifat sementara.

5. Belanja sendirian
Belanja dengan mengajak keluarga atau sahabat memang menyenangkan. Selain memberikan masukan dan saran, berbelanja dengan mereka ada kalanya lebih ceria dan bersemangat. Namun, yang perlu diingat, selera Anda dan keluarga atau sahabat tidaklah sama. Jadi, ada baiknya Anda belanja sendirian untuk menyesuaikan budget dan kebutuhan.

6. Gunakan uang tunai
Cara terampuh untuk menyetop kegiatan belanja yang berlebihan adalah dengan menggunakan uang tunai. Menggunakan uang tunai sesuai anggaran dapat menyetop pengeluaran Anda yang kadang sedikit impulsif.

7. Beli perhiasan aksen sederhana
Jika saat lebaran Anda biasa membeli perhiasan, sebaiknya pilihlah perhiasan dengan aksen sederhana. Karena perhiasan dengan aksen sederhana dapat digunakan dengan perpaduan aneka pakaian.

Ada baiknya jika kita tidak menghamburkan uang THR dengan berbelanja kebutuhan yang kurang bermanfaat. Tengok ke bawah, masih banyak orang yang membutuhkan uang bahkan hanya sekedar untuk makan hari ini. Tidak ada salahnya jika kita membelanjakan uang di jalan Allah, yakni membagikan sebagian yang kita miliki untuk mereka. Sehingga kita bisa lebih memaknai arti Ramadhan sesungguhnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar