Social Icons

Pages

Sabtu, 12 Januari 2013

Aku Berbatik dan Aku Bangga

Batik, apa yang terlintas di benak sobat blogger saat mendengar kata batik?
Seperti orang tua???
Mau ke kondangan???
Daster ibu-ibu?
Sudah bukan seperti itu lagi... Janganlah kita berpikiran seperti itu, batik itu ciri khas negara kita jadi kita harus bangga memakai batik dan jangan sampai terjadi lagi, ciri khas negara kita di ambil oleh negara lain, kecewa besar kita nantinya.

Mari mengenal batik lebih dekat lagi, kain yang berpoleskan malam dan menggunakan alat khusus yang dinamakan canting ini sebenarnya udah sejak dulu ada, bahkan kata batik sendiri itu berasal dari bahasa Jawa yaitu "amba" yang berarti menulis dan "nitik" yang berarti membuat titik-titik.


Indonesia sendiri memiliki ragam jenis bati yang banyak sekali loh sobat, mulai dari Batik Bali, Batik Banyumas, Batik Madura, Batik Malang, Batik Pekalongan, Batik Solo, Batik Tasik, Batik Aceh, Batik Cirebon, Batik Jombang, Batik Banten, Batik Tulungagung, Batik Kediri, Batik Kudus, Batik Jepara / Batik Kartini, Batik Brebes, Batik Minangkabau, Batik Belanda dan Batik Jepang, tuh.... banyak banget kan... (✿◠‿◠)

Selain itu ragam batik juga ada banyak loh, yaitu Batik Kraton, Batik Sudagaran, Batik Cuwiri, Batik Petani, Batik Tambal, Batik Sida Mukti, Batik Sekar Jagad, Batik Pringgondani, Batik Kawung, Batik Sida Luhur ,Batik Sida Asih dan Batik Semen Rama.

Nah bener kan... Indonesia memang sangat kaya dengan budaya batik dan bahkan warga dunia pun memberi jempol penuh untuk seni budaya batik yakni dengan adanya 'The World Heritage' pada 2 Oktober 2009 lalu. Sejak saat itu banyak dari belahan dunia menggunakan batik sebagai baju yang dikenakannya.

Pemasaran batik sendiri juga sudah mulai ramai, mulai dari toko batikbutik batik hingga batik online, sehingga sekarang kita dengan mudah bisa belanja batik. Salah satu toko batik sekaligus menjadi butik batik yang kini sudah membuka layanan dalam bentuk online yaitu berbatik, e-commerce batik pertama di Indonesia mengajak blogger menunjukkan kecintaan pada batik.

Sekarang kita banyak menjumpai kalau batik tidak melulu jadi baju, kini para pengrajin telah sukses membuat ragam kreativitas dari corak kain batik, mulai dari tas, dompet, sepatu, sandal,  kalung, cincin, jepit, bandana, dan banyak banget deh pokoknya. Selain itu baju-baju yag ada juga kini banyak yang sudah berevolusi loh... model serta bentuknya mungkin sangat berbeda dengan batik yang dulu, tapi tetap tidak mengubah dasar dari seni batik sendiri.

Nah, diharapkan dengan jerih payah pengrajin batik ini bisa membuat kita tetap mengenakan dan mencintai batik. Jangan sampai ciri khas negara kita ini kita lupakan. Mari kita berbatik dan kita harus bangga
\ (☆^O^☆) /


sumber referensi wikipedia

8 komentar:

  1. wow, lengkaaap :)
    Foto-fotonya juga bagus ^^

    Kunjungan balik di http://argalitha.blogspot.com/2013/01/berbatik-menambah-pesona-diri.html ya ^^ Saya tunggu, trims :)

    BalasHapus
  2. Salam kenal ya.. Ngomongin batik kira-kira Mbak Ade Uny suka batik apa nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku paling suka model batik buketan kang :D

      Hapus
  3. Inovasi dari batik yang keren2,, I love indonesia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yipppyyyy ...........
      I love Indonesia too :D

      Hapus
  4. semoga menang ya kontesnya...jangan lupa beli batik lokal, bukan buatan cina hehehe

    BalasHapus
  5. Baca punya saya juga, yah! ^-^

    http://mrikartayusani.blogspot.com/2013/01/trend-berbatik-bukan-sekedar-warisan.html

    BalasHapus