Social Icons

Pages

Sabtu, 04 Juli 2015

Hamil Puasa, Kenapa Enggak?

Halo teman-teman... gimana kabar puasanya? Masih tetap lancar jaya kan? Bagaimana buat ibu-ibu hamil disana?? Memang tidak wajib hukumnya puasa bagi ibu hamil, namun kita tetap menggantinya di waktu lain. Tapi, aku pingin banget ikut puasa, jadi sebelum ramadhan kemarin aku konsultasi ke puskesmas dulu.

Saat ini aku usia kehamilan sudah memasuki usia kehamilan bulan menuju 6 bulan, wah cepet banget ya gak berasa.. kadang juga masih suka lupa kalo hamil, masih minta doa aja buat hamil, padahal perut udah buncit,  hehehe.. Jadi puasa ini adalah puasa pertama saat aku hamil. Awalnya suami melarang, soalnya sebelumnya kan beratku memang susah banget naik. Jadi takutnya pas aku puasa malah sakit.

Saat periksa kehamilan kemarin seperti biasa pertama ditimbang berat badan dan menunjukkan angka 53kg, masih tetap juga hehehe.. keluhan mual pusing masih ada. Kali ini aku diperiksa lebih dari biasanya, alat semacam radio, yang sebelumnya perutku di beri semacam gel seperti saat mau usg. Alat ini digunakan untuk mendengar detak jantung bayi didalam perut. Dug dug dug dug.. dann suara itu terdengar lirih sekali. Masya Allah.. terharu banget aku udah bisa denger detak jantungnya :')
Setelah itu aku di cek lab tes urin ibu hamil untuk memeriksa kesehatanku dan si dedek. Semua daftar penyakit, keracunan ataupun virus yang memungkinkan negatif, Alhamdulillah. Bidan dan dokter mengijinkan aku menjalani puasa, tapi jika dirasa mual berlebih aku diminta untuk membatalkan karena ditakutkan si bayi di dalam lemas karena kurang asupan gizi. Mbak yang periksa bareng sama aku dia malah di wajibkan berpuasa, kata dokter dia kelebihan gula, dikhawatirkan jika berlanjut akan terkena diabetes.  Subhanallah.. aku baru tau jika puasa sedahsyat itu manfaatnya.

Lain lagi, mbak satunya yang sedang di periksa bayinya terlalu lemah jadi dia diharap tidak berpuasa. Nah dari sini kita tau jika puasa untuk ibu hamil itu musti sangat di perhatikan. Tidak semua ibu hamil boleh puasa, tidak semua ibu hamil tidak boleh puasa bahkan ada yang wajib puasa demi kesehatan. Puasa sudah memasuki pertengahan, Alhamdulillah belum bolong, berharap bisa sampai akhir juga. Si dedek di dalam diajak puasa juga anteng banget. Dia bergejolak saat udah mulai buka, apalagi gerakan tarawih kan lumayan cepat  makanya aku enggak berani solat di mushola, di rumah dulu sama suami. Ibu-ibu juga ya.. yuk di cari nyamannya biar enggak malah jadi masalah nantinya :)

Tips hamil puasa ala aku :
  1. Pastikan sehat atau sudah konsultasi dulu sama dokter/bidan untuk mendapat ijin puasa.
  2. Makan tetap 3x sehari, saat habis magrib, satu jam sebelum tidur dan sahur, Enggak harus nasi semua kok, yang penting bergizi dan jangan lupakan buah ya.. 
  3. Saran dari aku jangan beli gorengan yang minyaknya hitam takutnya bikin tenggorokan sakit dan makannya juga tetap dijaga ya agar tidak terlalu manis, kannn ibu hamil manisnya udah full :p
Kalo kata mama Dede, puasa saat hamil bisa buat bayi yang dilahirkan nanti lebih sehat dan Insya Allah menjadi anak yang taat agama.. aamiin.. Selamat berpuasa dan tetep fit ya semuanyaa terutama buat ibu-ibu hamil.. tetap semangattt yaaa.  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar