Social Icons

Pages

Kamis, 20 Agustus 2015

Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Saat Hamil

Sakit gigi dan gusi bengkak saat hamil.. ya masalah ini yang baru saja aku alami. Yang pernah tau rasanya sakit gigi itu kan sakiiiiittt banget nah di tambah tendangan-tendangan kuat dari dalam, ini sensasinya sungguh luarrr biasa. Sebelumnya aku sempat nyeri gigi tapi tidak begitu menyiksa, tapi yang kemarin ini wah banget, aku sampe di buat enggak bisa tidur sampai 2 malam. Kebayang kan gimana rasanya?? udahh jangan di bayangin ... hehehhe

Ternyata sakit gigi ini bukan cuma aku saja yang mengalami. Banyak temanku pun juga mengalami hal yang demikian serupa, bahkan banyak yang sakitnya lebih parah juga. Tapi langsung sembuh sesaat setelah lahiran... lho, kok bisa begitu?? Nah, iseng googling, ternyata 7 dari 10 ibu hamil beresiko sakit gigi loh. Bahkan aku kemarin konsultasi ke bidan itu dibilang sudah penyakit umum saat masa kehamilan.


Banyak penyebab sakit gigi saat hamil, mulai perubahan fisiologis diantaranya sensitifitas gusi akibat perubahan hormon serta perubahan PH mulut ( keasaman mulut ) pada ibu hamil. Jadi tidak sedikit juga yang dulu tidak pernah sakit gigi, nah pas hamil lalu sakit gigi.

Perlu diketahui kita saat hamil tidak boleh minum obat sembarangan, karena obat yang beredar. Dulu pas hamil 4 bulan aku sempat di beri obat paracetamol dan karena hanya sedikit nyeri 1x minum sudah cukup. Kemarin, rasanya minum itu aja enggak ada efeknya, masih nyut-nyutan banget, tanya obat lain katanya enggak boleh...minum obat sakit gigi saat hamil resikonya terlalu tinggi. Jadi diterima aja dulu ya buk...

Tips mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak saat hamil ala aku :

  • Sikat gigi 3x sehari menggunakan pasta gigi khusus gusi, usahakan yang mengandung garam. Aku kemarin ganti pakai pasta gigi paradontax.
  • Kumur-kumur pakai air rebusan daun sirih.
  • Sementara jangan minum dingin-dingin.
  • Banyak-banyak istirahat. Insya Allah cepat sembuh.

Alhamdulillah kemarin 3hari aku rutinin itu gusi yang bengkak bisa kempes, Semoga engga kumat lagi deh, soalnya katanya kan kalo sakit gigi saat hamil itu bisa kumat-kumatan. Semoga bumil-bumil yang sakit juga cepet sembuh yaaa... semangat buat debay nya :)

1 komentar:

  1. diperiksain kak giginya..

    Hai teman-teman pecinta traveling. Kami ada info tentang beberapa pantai bagus loh, silahkan kunjungi ya: Pantai Sawarna || Pantai Indrayanti || Pantai Klayar || Pantai Kuta || Pantai Anyer || Pantai Pangandaran || Pantai Ngobaran . Semoga bermanfaat.

    BalasHapus