Social Icons

Pages

Sabtu, 07 November 2015

Hamil 39 Minggu Belum Masuk Panggul

Hari ini aku periksa hamil lagi ke bidan tempat biasa, ya semakin dekat jarak lahiran, jadi jadwal periksa yang biasanya 10 hari pun maju menjadi 5 hari sekali. Hari perkiraan lahir tinggal seminggu lagi dan si dedek masih tetap bertahan di posisinya, hamil 39 minggu belum masuk panggul, padahal sudah sehari jalan 1 jam pagi dan setengah jam pas sore, jongkok berdiri, dan posisi jongkok ada kali sehari 4-5 jam, tapi tetap saja dia betah berada di posisinya.

Memang posisi ada hubungannya dengan janin terlilit tali pusat seperti yang aku ceritakan di postinganku sebelumnya. Awalnya bidan agak susah mendeteksi detak jantung bayiku terkesan jauh suaranya, tapi setelah terdengar Alhamdulillah detak jantungnya masih normal, jadi dia sehat di dalam. Aku diminta untuk mengawasi pergerakannya, katanya sejam minimal bergerak 4 kali. Jujur aku enggak bisa mendeteksinya karena aku  sekarang ini gak bisa begitu merasakan gerakannya, jadi kalau dibilang sejam bergerak berapa kali, ya aku enggak tau.

Jika HPL terlewat akan ada 2 pilihan, induksi atau operasi. Bidan tempat aku periksa biasanya tidak berani melakukan induksi karena terlalu beresiko dan akan bolak balik, sehingga jika tanggal 10 posisi masih tetap aku akan di rujuk ke rumah sakit untuk kelanjutan proses melahirkan. Aku juga dijelaskan jika induksi itu pun tidak dijamin berhasil karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi jalannya kelahiran itu sendiri.Dan jika induksi tidak berhasil mau tidak mau akan dilahirkan secara operasi caesar.

Sedih, bingung, sumpek... alhasil air mata pun tak terasa menetes. Harapan untuk melahirkan secara normal dengan bantuan bidan tidak memungkinkan aku jalani. Sekarang aku pasrah apapun jalannya, melahirkan normal induksi atau operasi ... yang paling penting dia bisa lahir dengan sehat.

1 komentar:

  1. Kami menyediakan informasi tentang Air Minum Sehat . Air minum tersebut sering kali disebut sebagai Air Minum Alkali , dan disini kita juga memberitahukan tentang Manfaat Air Alkali .

    BalasHapus