Social Icons

Pages

Rabu, 27 Juli 2016

Naufal, bayi 8 bulan sunat smartklamp?

Hah... bayi 8 bulan sunat?
Sunat smartklamp, apa itu? Yakin beda, kasihan tauuu...
Duh tega banget sih anak sekecil itu di sunat!!

Gak sedikit yang mengulang-ulang kalimat diatas saat tau kabar kalau Naufal mau disunat. Sebenarnya niat awal hanya meng-aqiqahkan saja pas waktu turun tanah, tapi banyaknya kabar teman kalau anaknya kena infeksi saluran kencing dan semacamnya kita selaku orang tua kan takut juga.

Sebelum kami memutuskan ini, sempat konsultasi ke teman yang jalurnya di medis, bidan dan dokter, semua bilang malah bagus kalau kecil, selain lebih cepat sembuh juga bisa mencegah berbagai penyakit kelamin yang salah satunya infeksi tadi. Akhirnya setelah berembug kita putuskan untuk sunat, nah yang bikin aku mantep ini karena ada metode sunat smartklamp ini yang habis sunat bisa langsung pakai pampers.

Suami mantep sama dokter Soni, dulu mantan dokter di RS Wiyung Surabaya, tapi karena sudah tidak di RS tersebut jadi kami panggil ke rumah. Tarif untuk sunat smartklamp ini 1,2 juta. Sebenarnya kalau datang kena 650ribu, hanya saja lokasi jauh Sidoarjo, takutnya Naufal rewel di jalan, apalagi daerahnya itu macet.

Dokter bilang pukul 11 dan ternyata benar jam 11 sudah datang, passs Naufal lagi ngantuk. Posisi aku menghadap kepalanya, jadi biar Naufal enggak lihat dokter, mbah kungnya megangi kakinya dan bapaknya yang video. Naufal sempat menangis menjerit saat dibius, selanjutnya biasa saja. Proses sunat smartklamp tidak sampai 7menit. Setelah itu iyak langsung pakai pampers. Eh dia langsung keluar nyari temen. 2 jam kemudian dia pipis pertama dan sepertinya biusnya habis. Nangis menjerit lagi, diemnya diajak muter-muter naik motor. Nangisnya bentar-bentar aja, jadi kesannya kayak pas lagi imunisasi. Sejak sunat sampai lepas klamp dia gak mau pakai celana, jadi cuma mau pakai pampers, dan lucunya itu kakinya selalu diangkat keatas kayak di foto itu ... mungkin takut ada yang nyenggol burungnya kali ya.. hehehehe..


Klamp dipasang hari senin, hari kamis dokter datang kontrol dan katanya siap untuk dilepas, Penahan dibuka lalu setelah itu kita diminta memberi baby oil di luar botolnya selama 4jam 10menit sekali. Kata dokter biasanya 4jam lepas atau enggak besoknya, kebanyakan sih nginep. Usahakan selama 2jam selama ini jangan pakai pampers dulu. Naufal anaknya cukup aktif setelah dibuka penahannya tetep gakmau diem, minta di teta terus alhasil yang wajarnya nginep di dia 2jam botolnya copot. Nangis kagi tapi bentar sih. Enaknya malam harinya ini dia tidur nyenyak banget sampe pagi.

Cukup kaget sih karena aku kira setelah dokter kontrol selesai tapi ternyata masih harus ada perawatan tadi. Kecewa juga sama penjelasan dokter yang kesannya kayak kesusu, jadinya aku tanya ke temen yang anaknya sudah pernah sunat smartklamp juga. Pasalnya sunat ini masih jarang banget yang tau.

Metode sunat smartklamp cukup membantu saya karena saya dan suami tidak perlu melihat darah. Kesembuhannya juga cukup cepat yakni 4hari. Rata-rata memang semingguan mungkin tergantung daya tahan tubuh dan regenerasi sel masing-masing tiap anak. Alhamdulillah anak lanang sudah sukses sunat. Semoga menjadi anak yang soleh ya dek, ibuk sayang kamu :*

2 komentar:

  1. Anakku dulu pernah mau disunat krn fimosis, ternyata saat second opinion fimosisnya krn fisiologi jd msh bisa membuka sendiri kalau dia agak gedhean. Akhirnya batal sunat hehe.

    Yang penting sekarang Naufalnya sehat ya mbak?
    Udah jadi jejaka beneran nih :)

    BalasHapus
  2. wah mba.. sunat smartklamp nya ada usia minimal atau maksimal gak ya? anak ku udah usia 5 tahun lebih.. mau aku sunatin juga kayanya..

    BalasHapus