Social Icons

Pages

Minggu, 10 Februari 2013

Valentine's Day Itu Gak Penting

Weitz... dari judul aja teman-teman langsung pada tau kan, kalo aku termasuk salah seorang dari Val's Day Haters. Banyak teman yang bertanya, lho kok gitu... Iya jelas banget aku gak pernah suka sama perayaan yang gak jelas seperti yang satu ini. Oke, untuk lebih jelasnya simak aja ya postinganku kali ini.


Buat lebih gampangnya aku list aja deh, ini lho alasan kenapa aku benci Val's day
  • Aku gak suka Valentine's Day, pertama karena sepertinya disini tampak sekali ada sekat, "eh, lu jomblo... kasian deh lo Val's Day sendirian... " Nah, kita tau kan, gak semua orang bisa langsung berpasangan, nah lah kalo ada yang jomblo, terus depannya ada pasangan yang ngerayain valentine, pasti nanti jatuhnya jadi galau. gak percaya? Silahkan dicoba, tapi dosanya tanggung sendiri yaa....
  • Kata orang  Valentine's Day itu hari kasih sayang. what.... penting gitu ya pake dirayain sehari??? Kalo buatku tiap hari itu hari kasih sayang. Bukankah seharusnya kita mememberi dan menerima kasih sayang setiap hari, atau buat kalian yang merayakan hari itu, mendingan kalian merayakan aja bareng sama anak-anak panti asuhan atau panti jompo yang jelas pasti mereka masih kurang mendapati kasih sayang. Gak usah deh, pake merayakan bareng sama pacar... toh kalo masih pacar juga ntar bisa putus #eh
  • Val's Day sepertinya identik sama coklat, mawar dan boneka yah.... hampir di tiap gerai toko menjual barang-barang ini. Entah, apa tujuan dan mengapa  coklat, mawar dan boneka  seolah menjadi senjata  ampuh untuk merayakan seperti yang aku bilang tadi, merayakan hari gak penting itu deh pokoknya. Udah deh... dari pada ribet-ribet beli coklat, mawar atau boneka. mending beliin aja nasi bungkus, terus bagi deh buat orang-orang yang membutuhkan. Coba tengok di sekitar kita, masih banyak orang yang belum bisa makan, maka dari itu harusnya kita lebih mikirin hal yang seperti ini, daripada sibuk menyiapkan perayaan Val's Day yang jelas gak ada gunanya.
  • Valentine identik dengan romantis, hmmm... ini sepertinya susah juga ya... makan malam romantis, jalan-jalan romantis, semua-uanya romantis... kalo seharian begitu terus kayaknya bosen juga deh... Dari pada ribet seharian romantisan mulu, buat yang pacaran, bagaimana kalau menghabiskan Val's day dengan merenungi makna cinta yang sejati. Sepertinya itu lebih baik 
  • Lanjut ke alasan yang terakhir, maaf sebelumnya jika alasan yang satu ini mengandung unsur SARA. Aku adalah seorang muslim, dalam agama kami dilarang merayakan kegiatan yang satu ini. Udah pada tau kan kalo tanggal 14 itu banyak orang yang memberikan pelukan gratis atau bahkan cium gratis ke semua orang, tanpa terkecuali cowok cewek ataupun sebaliknya... iuwww... maaf, bukannya aku ngerasa kalo aku gak punya rasa cinta atau pun kasih sayang, tapi bukannya kalau seperti itu malah menodai istilah kasih sayang itu sendiri? Aku pikir jika saling menyayangi itu akan menghormati dan saling mengjaga kehormatan, tapi dengan pelukan atau berbagi ciuman dengan siapapun,iya kalau yang dicium itu anak kecil, tapi lawan jenis apalagi bukan muhrim...  ini terlihat tidak etis bagiku. Maaf, mungkin aku terdengar masih kolot, tapi inilah yang aku pegang. 
Ngomong-ngomong soal valentine, pasti gak jauh dari yang namanya kencan alias ngedate. Diantara banyaknya kisah cinta yang berjalan itu pasti tidak berlangsung mulus kan, tak terkecuali prosesnya, yapsss salah satunya yang barusan aku omongin tadi, kencan. Beberapa tahun yang lalu, aku mendapati kencan terburuk dalam hidupku . Begini kronologinya....

Hari itu aku janjian dengan pacar (sekarang mantan), nah kita janjian nonton dan dia jemput jam 11. kebetulan aku sudah lama pengen nonton film yang kabarnya jadi box office itu... tapi ternyata dia telat bahkan hampir dua jam. yasudah tak papa telat, dari pada enggak dateng, sesudah sampai sana, ehhh.... tiketnya habis, pengen banget rasanya aku nangis hari itu, tapi aku tahan deh, dari pada nangis di mall, kan malu-maluin. Akhirnya aku memutuskan buat makan mie ayam di warung kesukaanku, itung-itung buat mengobati sakit hati karena batal nonton. Tapi ternyata takdir berkata lain, di tengah perjalanan pulang, aku dan dia di cegat sama polantas, kami gak tau ternyata ada peraturan baru yang dilarang menyeberang di jalan itu... alhasil, kena Rp 50.000, gak jadi makan mie ayam hiks.... 

Kesialanku masih belum terhenti disitu, hujan deras mulai turun, sekitar 10km lagi sampai rumah, tapi tiba-tiba... ciuuusssduarrr.... ban sepeda motornya meletus.... jadi mau gak mau aku dan dia jalan nyari tambal ban terdekat. Disitu aku bener-bener gak bisa nahan air mataku... dengan tetap menutup helm, air mataku terus mengalir...  bener-bener the worst date ever  (╥﹏╥)

Oia, ngomong- ngomong ada gak nih temen-temen yang ngerayain Valentine's Day? Emang ngapain sih dirayain? Pasti ntar siap-siap cari baju pink atau couple... iya kan??? haio ngaku... kalo aku kan berhubung gak ngerayain hari yang gak penting itu, jadi pasti nanti  pas Valentine's Day aku tanpa warna merah apalagi pink. Buat yang ngerayain atau enggak yang kayak aku gini... tetep pas hari itu kita musti tampil kece... apalagi yang jomblo, jangan mau kalah sama yang punya pasangan, buat hari kalian makin seru pakai produk dari ZALORA Indonesia, kalau bisa tunjukin bahwa kalian bisa melewati valentine tanpa galau. 

Mungkin nanti aku bakalan pakai baju warna hitam aja deh, menemani teman-temanku yang jomblo. kurang lebih seperti inilah penampilanku pas Val's day nanti, gak nyambung ya sama harinya?? emang .... hahaha... 

Sekarang waktunya serius yah... sadar gak sih kalau sebenarnya merayakan valentine itu gak ada gunanya. mari kita renungkan sejenak, masih ada banyak hal berguna kok yang bisa kita lakukan daripada sekedar beromantisan ria dengan pasangan selama seharian, apalagi yang masih pacaran, nambah dosa itu. Buat temen-temen yang masih bingung, gak tau musti ngapain di hari valentine nanti, yuk melakukan hal positif sebagai berikut :
  • Kamu bisa membahagiakan seorang wanita yang sagat berharga di hidupmu, yups.... ibu... haio ngaku, pasti teman-teman lebih inget dengan hari valentine kan dari pada hari ulang tahun ibu masing-masing, atau pas hari ibu. Nah, dari pada pas hari itu kita habiskan dengan pacar, mendingan kita habiskan waktu seharian penuh dengan ibu. Itung-itung buat membayar kelupaan pas hari penting tadi. Kita bisa meminta ibu istirahat selama sehari dan kita yang melakukan semua pekerjaan rumah yang biasa dilakukan ibu dan beri ibu bonus pijitan atau berikan makanan kesukaan beliau, pasti beliau sangat senang.
  • Seperti yang aku bilang tadi, dari pada merayakan kasih sayang dengan pacar  mendingan kalian merayakan aja bareng sama anak-anak panti asuhan atau panti jompo yang jelas pasti mereka masih kurang mendapati kasih sayang. Beri perhatian dan hibur mereka, pasti nanti hati kalian akan lebih bahagia, yakin deh... 
  • Berhubung hari valentine jatuh di hari kamis dan bukan hari libur, lakukan saja aktifitas seperti biasanya, tapi dengan senang hati ya... agar semuanya terasa lebih ringan dan tidak ada beban.
  • Jika saat hari itu kita libur, lebih baik dimanfaatkan untuk melakukan aktifitas yang di hari lain kita tidak bisa melakukannya karena kesibukan kita, misalnya olahraga, bersih-bersih rumah atau menanam pohon. oia, dengan menanam pohon kita bisa membantu mengurangi global warming dan secara tidak langsung kita sudah berbagi kasih sayang dengan anak cucu kita nanti loh... 
  • Berbagi dengan sesama, yaps... seperti yang aku sebutin tadi, di sekitar kita, masih banyak orang yang belum bisa makan, apa masih tega, kita makan-makan romantis, atau membeli barang mewah lainnya untuk merayakan valentine, sedang disisi lain, banyak orang berjuang bertahan hidup yang bahkan untuk makan saja mereka memungut di tempat sampah. Dari pada uang kita habis dengan perayaan yang tak penting,  mending beliin aja nasi bungkus, terus bagi deh buat orang-orang yang membutuhkan. Aku yakin, jika semua orang bisa menerapkan hal berbagi seperti ini, tak akan ada lagi yang namanya kelaparan... Ingat, berbagi tak akan pernah rugi... sebarkan virus positif  ini dan kembangkan kasih sayang yang sesungguhnya (✿◠‿◠)

26 komentar:

  1. valentine itu bukan budaya islam.
    so gag usa dirayakan..:0

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo aku sih jelas enggak mbak/mas ... kadang aku gak ngerti, apa yang musti dirayain??

      Hapus
    2. @Novan Sang Pengembara : makasii :)

      Hapus
  2. 14 feb ---> hari Gerakan Menutup Aurat Internasional by FSLDK Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. @putri :hayukk... aku ikutan mbak :D

      Hapus
  3. Paling enak ngerayain valentine itu dengan jualan coklat bunga,, sooo ntar uangnya disumbangin untuk anak yatim sebagai bentuk kasih sayang.. hehhe
    Tapi kalo mau kaffah dalam islam , kasih sayang itu selalu diajarkan setiap saat , dengan mengucap basmallah kita sudah berkasih sayang dengan sang kholiq , so kenapa harus tanggal 14 februari??

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mas taufiq : aku pernah baca di salah satu buku mas... klo di garis islam, gak boleh juga jualan sama yang ada hubungannya dengan valentine...atau daripada ragu, mendingan langsung nyumbang aja :D
      btw iya juga tuh... kasihsayang itu tiap hari .. jadi 14 februari itu gak ada apa2 :)

      Hapus
  4. Setuju banget mbak...seumur2 aku Ъќ pernah valentinan..#blognya keren bgt mbak...tukar link boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mas anton : klo mas anton ga suka valentine knapa?? :D
      makasii... boleh kok :)

      Hapus
  5. Kalau aku sih sebenarnya bukan tidak suka dengan perayaan itu. buktinya aku tidak pernah melarang siapapun merayakannya. aku juga tidak merayakannya, tapi memanfaatkan dengan jualan.
    Seperti halnya tahun baru masehi. menurutku itu sama saja. Aku memanfaatkan momen tahun baru dengan menjual offline di tempat-tempat keramaian.

    oya, blognya keren.tp buat aku yg OL pakai modem, suara itu mengganggu. membuat jatah internetan berkurang sejalan berapa lama kita berada di halaman ini. #pinginburu2pergi

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mbak hafsari: gitu yah... iya juga sih, pendapat tiap orang kan beda...

      soal suara... maaf sebelumnya ya mbak...
      ini aku lagi ikut bantu cari donasi buat The School of Life,... nah setiap view dari video itu dinilai Rp. 100,- untuk diberikan kepada teman-teman The School of Life.... jadi aku pikir, setiap pengunjung juga ikut memberi donasi gitu mbak... btw aku bener2 minta maaf banget.... nanti klo programnya udah kelar, aku copot yah... makasii y mbak

      Hapus
  6. setujuuuu...
    karena dalam islam itu gak ada yang namanya valentin dan di haramkan jika merayakannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ DOLBYVIT : makasii :D
      iyah... hayuk ikutan kyk mbak puri aja hari Gerakan Menutup Aurat Internasional :D

      Hapus
  7. sangat sangat sangat setuju....

    BalasHapus
  8. mantan siapa itu yah.... haio... ketauan yo...
    sudah,, dari pada 1 hari kasih sayang... tiap hari hari kasih sayang toh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mid : mmmm.... mantan yang mana yaaa....
      mau tauuu ajja :p
      iyah by... pokoknya tiap hari ya harus selalu ada kasih sayang :)

      Hapus
  9. Haha., yang penting bisa introspeksi diri dulu aja hehe.,
    salam.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mang mlebet : inggih mang.... :D

      Hapus
  10. aku ngga ikut2an V day tapi kalo dikasih coklat sih ya ngga nolak hihihi

    BalasHapus
  11. ga pernah ngerayain valentine.
    bukan budaya islam.

    BalasHapus
  12. kliatan, yg valentine haters itu yg kesepiaannn hehehe..

    BalasHapus
  13. Setuju! Aku mah mau apapun hari perayaan yang spesial tetap dekat ibu selalu :')

    BalasHapus
  14. Pertama, agama emang udah ngelarang.
    Kedua, gue dan "dia" :D udah punya komitmen untuk saling menjaga dan menyayangi setiap hari, bukan cuma tanggal 14 februari doank.
    Ketiga, karena gue dan dia juga LDR-an.

    BalasHapus